Cara Membuat GIF WA Mudah, Chat Semakin Seru

Cara Membuat GIF WA Mudah, Chat Semakin Seru (cermin-dunia.github.io) (3)
Cara Membuat GIF WA Mudah, Chat Semakin Seru (cermin-dunia.github.io) (3)

Cara membuat GIF WA atau gambar bergerak sangat populer akhir-akhir ini. Aplikasi WhatsApp ini berada di bawah naungan Meta, dengan berbagai fitur yang tersedia untuk memanjakan penggunanya. Berbagai fitur terbaru yang dimiliki dan di update menjadikan WhatsApp salah satu platform messaging terpopuler di berbagai kalangan.

Bukan hanya sekedar mengirim pesan teks dan suara. Adanya simbol, emoji, hingga gambar bergerak (GIF) membuat chatting makin seru dan menarik. WhatsApp juga memiliki fitur untuk membuat GIF sendiri. Anda bisa dengan sesuka hati membuat dan mengirim GIF kepada siapapun.

Penjelasan Cara Membuat GIF WA

GIF atau singkatan dari Graphical Interchange Format merupakan format gambar yang ditemukan tahun 1987 oleh Steve Wilhite. Seorang penulis perangkat lunak dari Amerika Serikat.

Pengertian singkatnya GIF adalah serangkaian gambar atau video tanpa suara yang akan terus berulang dan tanpa mengharuskan untuk menekan tombol putar.

Cara Membuat atau Menambahkan GIF di WhatsApp

WhatsApp memiliki berbagai fitur menarik yang wajib dicoba oleh para pengguna. Salah satu fitur yang dimiliki adalah fitur pembuat GIF sendiri pada aplikasi ini.

Adanya fitur cara membuat GIF WA, membuat pesan yang dikirimkan terasa lebih hidup dan seolah menggambarkan ekspresi pengirim. Membuat GIF bisa dilakukan melalui aplikasi WhatsApp langsung atau bisa juga melalui Gboard. Kita akan membahas yang melalui aplikasi WhatsApp terlebih dahulu, langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda
  2. Pilih ruang chat yang ingin anda kirimkan GIF
  3. Klik ikon kamera yang terdapat pada papan ketik
  4. Cari dan pilih video yang akan digunakan sebagai GIF
  5. Setelah itu akan muncul jendela pratinjau waktu di atas video
  6. Sesuaikan waktu pada jendela pratinjau sesuai durasi yang diinginkan. Untuk durasi GIF berkisar dari 1 sampai 6 detik
  7. Anda juga bisa menambahkan teks dengan memilih ikon “T” di pojok kanan atas
  8. Selain itu, bisa juga menambahkan stiker dan emoji pada GIF yang tersedia di ponsel
  9. Atur ukuran teks dan posisi untuk stiker dan emoji yang digunakan, dengan cara mencubit untuk memperkecil dan menggeser untuk menyesuaikan
  10. Selesai dengan mengedit, Anda dapat langsung mengirim GIF dengan menekan tombol panah hijau.

Cara Membuat GIF WA Melalui Gboard

Cara lain yang dapat digunakan untuk membuat GIF sendiri pada WhatsApp adalah menggunakan aplikasi Gboard. Berikut ini cara untuk membuat GIF pada Gboard:

  1. Apabila belum menggunakan aplikasi Gboard, Anda bisa mengunduhnya melalui Play store atau App Store yang tersedia di ponsel
  2. Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda
  3. Pilih ruang obrolan yang akan Anda kirimkan GIF
  4. Klik ikon GIF yang terdapat pada papan ketik bagian atas
  5. Cari GIF yang diinginkan atau Anda juga bisa menuliskan keyword yang Anda mau
  6. Setelah memilih GIF, Anda juga bisa mendesain atau menambahkan elemen lain yang diinginkan (seperti: kata-kata, emoji, dan simbol)
  7. Jika sudah Anda bisa klik tombol hijau untuk send atau mengirim GIF.

Untuk menambahkan GIF menjadi favorit Anda bisa memberikan bintang pada GIF tersebut. Dengan cara menekan lama pada GIF yang diinginkan hingga muncul warna biru pada GIF tersebut, lalu klik tombol bintang pada pojok atas.

Itulah beberapa cara membuat GIF WA yang cukup mudah untuk diikuti. Kini Anda tak akan bosan akibat chatting yang seperti itu-itu saja, dengan adanya GIF ini akan membangun kreativitas dan lebih menghidupkan obrolan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *