Cara Mengetahui HP Disadap Jarak Jauh Lengkap Dengan Solusinya

Cara Mengetahui HP Disadap Jarak Jauh Lengkap Dengan Solusinya (freepik.com)
Cara Mengetahui HP Disadap Jarak Jauh Lengkap Dengan Solusinya (freepik.com)

Cara mengetahui HP disadap jarak jauh perlu diketahui demi menjaga privasi. Karena sistem keamanan yang kurang, HP mudah dibajak oleh orang lain tanpa sepengetahuan kita. Hal ini bisa memicu bocornya data privasi sehingga jelas merugikan pemilik ponsel. Namun dengan mengetahui dan mengenali tanda HP telah disadap, maka bisa segera mengatasinya.

Pahami Cara Mengetahui HP Disadap Jarak Jauh

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda cermati untuk mengetahui HP telah disadap oleh oknum tak bertanggung jawab.

Mengecek Baterai

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah HP yang digunakan telah disadap atau tidak, maka dapat mengecek bagian baterainya. Sebagaimana yang kita tahu bahwa baterai berperan penting dalam sektor daya yang menunjang kinerja ponsel.

Anda bisa cermati baterai tersebut apakah mudah habis meski tidak menggunakan ponsel. Jika iya, kemungkinan HP Anda kena hack. Namun perlu Anda pahami bahwa bisa saja masalah tersebut karena memang kondisi baterai yang sudah aus.

Muncul Iklan

Selain baterai yang cepat habis, Anda bisa mengetahui HP sudah disadap oleh orang lain dari iklan. Apabila HP Anda kerap memunculkan iklan padahal biasanya tidak sama sekali, maka patut curiga. Kemungkinan ponsel Anda sudah tidak aman karena mengalami pembajakan.

Cek Pesan

Cara mengetahui HP disadap dari jarak jauh oleh orang lain atau tidak yaitu dengan mengecek pesan. Sebagai contoh ialah mengecek pesan SMS yang masuk. HP yang disadap biasanya menerima SMS yang isinya huruf maupun angka kacau.

Pesan aneh tersebut juga datang dari pengirim tak dikenal. Hal ini terjadi karena biasanya oknum tak bertanggung jawab tersebut menggunakan aplikasi penyadapan yang mengharuskan untuk mengirim pesan SMS berkode.

Semakin mengkhawatirkan apabila ada pesan yang tiba-tiba terbuka padahal Anda sama sekali belum menyentuhnya. Dalam artian, Anda belum membaca pesan tetapi telah terbuka. Bahkan bisa saja ada pesan yang terhapus tanpa sepengetahuan Anda.

Cara Mengatasi HP Disadap

Setelah memahami bagaimana mengetahui ponsel disadap, tak kalah penting pula untuk mempraktikkan cara mengatasinya.

Menggunakan Kode *#61#

Salah satu caranya ialah menggunakan kode *#61#. Anda bisa akses kode tersebut di HP. Apabila ponsel Anda memang mengalami penyadapan, maka bisa muncul nomor pelakunya.

Anda bisa hubungi pelaku tersebut untuk menghentikan penyadapan. Namun jika tak kunjung menemui titik terang, jangan ragu untuk melapor ke pihak yang berwajib. Pasalnya, penyadapan termasuk salah satu tindakan kriminal.

Reset Ulang HP

Selain menggunakan kode *#61#, Anda juga perlu reset ulang HP. Dengan mereset ulang, maka ponsel Anda bisa kembali seperti awal membeli. Alhasil, aplikasi yang kemungkinan bisa digunakan penyadap untuk membajak ponsel Anda bisa hilang.

Namun harus Anda pahami bahwa mereset ulang HP akan menghapus semua data yang ada di dalamnya. Tak perlu cemas karena sebenarnya ada banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari reset ulang HP.

Selain mengatasi penyadapan, reset ulang HP juga membuat performanya lebih cepat dari biasanya. Pengguna pun bisa melakukan multitasking secara lancar kapan dan dimanapun itu. Gaming, main media sosial, browsing, dan lain sebagainya bisa dilakukan tanpa tersendat-sendat.

Dari review di atas, Anda bisa mengerti bagaimana cara mengetahui HP disadap jarak jauh. Ketika ponsel Anda memunculkan tanda-tanda mengalami penyadapan, jangan ragu untuk mempraktikkan cara mengatasinya yang telah dibahas di atas. Jaga privasi ponsel Anda dengan melakukan pengecekan secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *