Gadget  

Jangan Panik, Coba Ikuti 5 Cara Mengatasi Suara HP Hilang Berikut Ini

Jangan Panik, Coba Ikuti 5 Cara Mengatasi Suara HP Hilang Berikut Ini (pixels.com)
Jangan Panik, Coba Ikuti 5 Cara Mengatasi Suara HP Hilang Berikut Ini (pixels.com)

Sebenarnya ada cara mengatasi suara hp hilang yang cukup simpel namun efektif untuk kamu coba lakukan dari rumah. Dengan begitu, kamu tidak perlu terburu-buru untuk langsung membawanya ke tempat service. Nah, buat kamu yang penasaran bagaimana saja cara-caranya, yuk simak terus penjelasannya berikut ini.

Sejumlah Cara Mengatasi Suara HP Hilang

Suara HP yang hilang tiba-tiba tentunya menjadi suatu masalah yang sangat merepotkan. Kita menjadi tidak bisa mendengarkan video maupun audio dari HP tersebut. Penyebab utamanya juga sangat beragam, mulai dari masalah bagian volume, mode HP berubah, hingga cache yang menumpuk.

Selain itu, ada beberapa penyebab yang terlihat sepele, yakni kamu tidak sengaja menekan mode senyap pada HP. Untuk itu, kamu tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara yang tergolong mudah untuk mengatasinya. Nah, berikut ini sejumlah cara yang bisa kamu coba terapkan.

1. Bersihkan Cache yang Menumpuk

Seperti yang sudah dijelaskan, penumpukan cache juga menjadi penyebab suara di HP hilang secara tiba-tiba. Tak hanya itu saja, cache juga mengakibatkan performa HP kamu menjadi sering ngelag. Maka dari itu, kamu perlu menghapus cache aplikasi maupun file sampah yang ada di HP tersebut. Kamu bisa mulai membersihkannya melalui File Manager, atau melalui menu setelan di HP.

2. Coba Periksa Mode Suara di HP

Cara mengatasi suara HP hilang berikutnya dapat kamu lakukan dengan memeriksa mode suara di HP. Bisa jadi, suara HP tersebut hilang karena kamu tidak sengaja menekan mode senyap pada HP. Mode senyap ini juga akan menghilangkan notifikasi yang muncul walaupun ada pesan yang masuk. Hal ini memanglah terbilang sangat sepele, namun kamu perlu memastikannya supaya suara di HP kamu aktif kembali.

3. Periksa Koneksi Bluetooth

Jika kamu sebelumnya pernah menyambungkan Bluetooth ke earphone, tentu hal ini juga membuat Hp kamu menjadi tidak bersuara. Sebab, suara tersebut masih aktif di earphone. Mungkin hal tersebut tidak kamu sadari, sehingga berspekulasi bahwa speaker HP sedang error. Maka dari itu, untuk membuktikannya, kamu perlu mengecek koneksi Bluetooth ke earphone apakah masih aktif atau tidak. Jika masih aktif, cobalah untuk menonaktifkan supaya suara di HP kamu muncul lagi.

4. Pakai Aplikasi Pihak Ketiga SoundAbout

Menggunakan aplikasi pihak ketiga juga menjadi salah satu cara mengatasi suara HP hilang. Metode ini dapat membantu memperbaiki suara di laptop yang hilang karena sistemnya yang bermasalah. Untuk caranya, kamu bisa memperhatikan berikut ini.

  1. Pertama-tama, silahkan download aplikasi SoundAbout melalui Playstore.
  2. Jika sudah, silahkan buka menu “perangkat Terhubung” atau “:Connectable Device”.
  3. Selanjutnya, Pilih opsi “Wired Headset Settings”, lalu hilangkan tanda ceklis pada opsi tersebut.

5. Bersihkan Area Speaker HP

Speaker HP yang pernah terkena air atau terhambat oleh tumpukan debu juga menjadi salah satu penyebab suara HP hilang. Maka dari itu, kamu perlu membersihkannya supaya suara HP kembali normal lagi.

Pastikan juga kamu membersihkannya dengan hati-hati, serta jangan gunakan benda tajam untuk mencongkel debu. Sebab, hal tersebut bisa saja memperparah kerusakan pada komponen speaker tersebut.

Demikian informasi mengenai sejumlah cara mengatasi suara HP hilang yang bisa kamu terapkan. Namun, jika beberapa cara di atas masih belum bisa mengembalikan suaranya seperti semua, maka langkah terakhir yaitu membawanya ke tempat service. Dengan begitu, HP kamu akan diperbaiki oleh tenaga yang profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *