Begini Cara Membuat Stiker WA Foto Sendiri Tanpa Aplikasi Di Laptop Atau PC!

Begini Cara Membuat Stiker WA Foto Sendiri Tanpa Aplikasi Di Laptop Atau PC!

Terdapat stiker WhatsApp atau WA yang telah disediakan oleh pihak aplikasi. Meski demikian, masih banyak pengguna yang ingin mengetahui cara membuat stiker WA foto sendiri tanpa aplikasi. Alasannya karena para pengguna media sosial ini ingin mencoba berkreasi membuat stiker dari foto yang dimiliki sendiri.

Selain alasan tersebut, file stiker yang disediakan di WA berisi beberapa stiker. Hal ini kurang disukai oleh pengguna karena mengharuskan mereka untuk mengunduh seluruh stiker daripada hanya memilih yang digemari saja. Maka dari itu, jika termasuk pengguna yang ingin membuat stikernya sendiri tanpa aplikasi, simak dua cara berikut ini:

Membuat Stiker dari Website Pembuat Stiker WA

Awalnya jika pengguna media sosial WhatsApp ingin membuat stikernya sendiri, mereka harus menggunakan aplikasi khusus ponsel atau smartphone. Akan tetapi, saat ini telah tersedia website pembuat stiker yang dapat diakses melalui perangkat komputer atau laptop masing-masing.

Website pembuat stiker ini dapat ditemukan pada situs pencarian atau penjelajah web seperti Google. Kelebihannya, pengguna tidak harus repot untuk download aplikasi lain yang akan memenuhi penyimpanan ponsel. Cukup dengan membuka komputer dan laptop, lalu ikuti langkah-langkah yang tercantum berikut:

  • Cari situs yang digunakan untuk membuat stiker WhatsApp/WA.
  • Setelah muncul, buka situs tersebut dan pilih pengaturan menggunakan bahasa Indonesia.
  • Klik pilihan ‘pilih gambar’ lalu unggah foto atau gambar yang ingin dijadikan stiker WA. Pastikan foto atau gambar tersebut berformat WEBP, JPG, dan PNG agar dapat diunggah.
  • Cantumkan nomor WA pada kolom yang telah tersedia dan pastikan menggunakan kode awal +62 yang mengindikasikan khusus negara Indonesia.
  • Ketuk pilihan ‘buat’ setelah mencantumkan nomor WA dan tunggu proses pengunggahannya selesai.
  • Buka aplikasi WA atau WhatsApp Web ketika sudah terkonfirmasi upload
  • Buka pesan yang berisikan stiker yang sudah dibuat pada situs atau web sebelumnya.
  • Simpan stiker dengan menambahkannya dalam pesan favorit dan stiker tersebut akan tersedia di kolom stiker pengguna. Setelah itu, stiker dapat dikirimkan kepada sesama pengguna WA.

Membuat Stiker dari WhatsApp Web

Menggunakan fitur khusus untuk membuat stiker yang dapat ditemukan pada WhatsApp Web adalah cara membuat stiker WA foto sendiri tanpa aplikasi kedua. Dengan adanya fitur tersebut, pembuatan stiker menjadi lebih mudah lagi dan tidak perlu menggunakan aplikasi atau situs selain WA Web.

Fitur pembuat stiker memiliki banyak kelebihan dibanding aplikasi khusus maupun situs. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengunggah dan mengedit langsung pada situs WA Web. Perlengkapan untuk mengeditnya pun bervariasi. Pembuatan dan pengeditan stiker pada WA Web dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  • Buka WhatsApp Web pada situs penjelajah Google dan masuk melalui scan barcode.
  • Buka chat personal atau grup tempat mengirim stiker kreasi dan klik ikon pin/Attach lalu pilih gambar stiker.
  • Unggah gambar atau foto yang ingin dibuat sebagai stiker.
  • Potong gambar dengan Outline dengan ikon gunting jika ingin menghilangkan background-nya.
  • Tambahkan hiasan berupa emoji dan stiker yang tersedia dalam fitur. Sesuaikan pula ukuran dan letaknya.
  • Pilih ikon Text jika ingin menambah tulisan pada stiker. Tulisan tersebut dapat disesuaikan warna, font, serta background-nya agar terlihat lebih jelas.
  • Pilih Paint untuk menghias stiker dengan coretan berwarna. Gunakan fitur Undo dan Redo untuk mengulangi atau mengembalikan coretan yang telah dihapus.
  • Pilih fitur terakhir yaitu Crop Rotate untuk menyesuaikan arah dan area yang akan dijadikan stiker.
  • Klik kirim dan stiker dapat digunakan. Simpan stiker dengan menambahkannya sebagai pesan favorit.

Begitulah dua cara membuat stiker WA foto sendiri tanpa aplikasi yang dapat dilakukan di komputer dan laptop. Manfaatkan keduanya untuk membuat stiker kreasi sesuai gaya yang diinginkan dengan mudah serta praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *