Bagaimana Cara Memindahkan Tulisan di Foto ke Word Ini Tahapannya

Bagaimana Cara Memindahkan Tulisan di Foto ke Word Ini Tahapannya

Microsoft Office Word atau sering disingkat menjadi Word merupakan sebuah software untuk mengolah kata yang diluncurkan oleh perusahaan Microsoft pada tahun 1983 dengan nama yang berbeda sebelumnya, yakni Multi-Tool Word. Word sering digunakan untuk membantu pengerjaan berbagai tulisan. Banyak sekali hal yang dapat dilakukan melalui Word, termasuk cara memindahkan tulisan di foto ke Word.

Selain pengolahan berbagai tulisan, Word dapat membuat sebuah desain, pembuatan grafik, ataupun menyalin sebuah teks. Penyalinan sebuah teks tidak melulu dari tulisan utuh melainkan dapat dari sebuah foto yang nantinya akan dipindahkan pada Word dan diubah menjadi sebuah tulisan. Bagaimana cara memindahkan tulisan di foto ke Word? Pelajari beberapa langkah berikut:

1. Bukalah Aplikasi OneNote

Cara memindahkan tulisan di foto ke Word dapat dibantu dengan menggunakan aplikasi, salah satunya dengan aplikasi OneNote. Aplikasi Microsoft OneNote atau OneNote adalah sebuah aplikasi untuk sebuah catatan. Aplikasi ini rilis pada 19 November 2003. Di dalam aplikasi OneNote dapat melakukan berbagai kegiatan pencatatan mulai dari menggambar, menulis hingga memasukkan sebuah objek.

Aplikasi OneNote dapat membantu memindahkan tulisan di foto ke Word. Hal pertama yang perlu dilakukan ialah dengan membukanya. Biasanya, OneNote sudah tersedia di setiap Desktop PC/Laptop. Bila sulit menemukan aplikasi ini, gunakan icon Start dan mulailah untuk mencarinya melalui Search Windows dengan mengetik “OneNote”. Setelah ditemukan, ketuk pada icon OneNote, maka aplikasi OneNote akan terbuka.

2. Pilihlah Menu Insert

Jika aplikasi OneNote telah dibuat, langkah selanjutnya yaitu dengan pilih menu Insert yang ada pada Toolbar. Setelah itu, pilih foto yang ingin diubah menjadi tulisan. Kemudian, cari dimana foto tersimpan di dokumen PC/Laptop. Setelah menemukan foto yang ingin diubah, ketuk foto tersebut. Lalu ketuk Open, dengan begitu foto yang ingin diubah akan muncul pada halaman OneNote.

3. Pilihlah Menu Copy Text from Picture

Setelah foto sudah ada pada halaman OneNote, langkah berikutnya ialah klik kanan pada foto tersebut. Kemudian, akan ada beberapa menu, salah satunya Copy Text from Picture. Menu ini berbeda dengan menu Copy pada biasanya. Copy berfungsi untuk menyalin sebuah objek dengan bentuk yang sama, sedangkan menu Copy Text from Picture akan mengubah foto menjadi tulisan.

4. Tempel (Paste)

Kemudian, jika foto sudah disalin menggunakan menu Copy Text from Picture, tempel atau paste foto tersebut di mana saja. Hal ini dapat dilakukan di tempat yang kosong atau halaman baru. Perlu juga dipastikan untuk memilih jenis paste dengan pilihan keep text only. Memilih keep text only dapat membantu mengubah foto yang nantinya akan muncul tulisan saja.

5. Penyuntingan Teks

Apabila keempat tahap tersebut sudah berhasil dilakukan, mulai dari membuka aplikasi OneNote sampai menempel foto yang akan muncul tulisan saja, penyuntingan terhadap teks akan dapat dilakukan. Jangan khawatir, foto sudah tidak akan ada, dan penyuntingan teks dapat dilakukan pada OneNote atau Word. Bila ingin menyunting pada Word, cukup dengan menyalin teks, lalu tempelkan pada halaman Word.

Begitulah cara memindahkan tulisan di foto ke Word menggunakan aplikasi OneNote. Tentunya, cara yang diberikan sangat mudah untuk dicoba. Tak perlu mengunduh aplikasi tambahan karena aplikasi OneNote biasanya sudah apa pada setiap Personal Computer (PC) atau Laptop, sehingga tidak akan menyita waktu..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *