Perhatikan Cara Membuat Background Transparan Di Photoshop Secara Manual

Perhatikan Cara Membuat Background Transparan Di Photoshop Secara Manual

Menggunakan Photoshop untuk membuat foto resmi seperti foto ktp sekarang mudah dilakukan. Jika dulu harus menggunakan background kain untuk menghasilkan foto yang baik, berbeda dengan sekarang. Cara membuat background transparan di Photoshop akan mempermudah dalam memilih latar belakang foto formal.

Selain bisa melakukan editing manual, ada cara khusus yang bisa dipakai untuk menghilangkan latar foto. Selain bisa digunakan untuk mengganti background, Photoshop dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki foto yang kekurangan cahaya. Jika penasaran dengan cara menghapus latar belakangnya, langsung perhatikan dalam rangkuman berikut ini:

1. Mengimport Gambar Ke Photoshop

Foto di atas tempat tidur, di ruang makan atau justru di pusat keramaian bisa berkesan formal meskipun ada banyak orang berlalu lalang. Cara merubahnya menjadi formal adalah dengan menghapus latar belakangnya menjadi transparan, melalui Photoshop. Cara mengimpor foto tersebut cukup mudah, seseorang yang tidak mahir mengoperasikan software Photoshop juga akan bisa. Berikut ini langkah-langkahnya khusus mengimpor foto:

  • Masuk pada aplikasi yang bisa dijalankan di PC atau laptop.
  • Setelah berhasil dibuka, ketuk tombol file.
  • Selanjutnya akan muncul perintah sistem, klik saja open.
  • Melakukan Drag and Drop khusus pada gambar yang akan diedit.
  • Manfaatkan menu File Explorer untuk menelusuri gambar yang akan di edit.
  • Klik pada gambar yang akan di edit untuk memulai proses editing di Photoshop.

2. Menonaktifkan Fitur Gembok

Berlanjut pada pembahasan cara membuat background transparan di Photoshop selanjutnya bisa dengan mematikan menu gembok. Menu ini sebenarnya berfungsi untuk menjaga layer tidak bergeser ketika sedang melakukan proses editing. Tetapi jika mau melakukan penghapusan background agar bisa menjadi transparan fitur gembok ini harus dipindahkan agar gambar bisa diubah.

3. Memilih Objek Yang Akan Dihapus

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi editing di hp, jika menggunakan Photoshop saat mengganti background menjadi transparan membutuhkan pemilihan objek. Objek yang dimaksud disini adalah bagian foto yang akan dipertahankan atau akan dibuang. Pemilihan harus didasarkan pada kebutuhan, contoh kalau gambar yang mau dihilangkan adalah latar belakang pasar maka yang harus dipilih adalah modelnya.

Cara memilih objek ini terbilang rata-rata sudah bisa diakses tanpa membuka tutorial. Panel yang di tekan adalah Selection Tools, untuk penggunaanya bisa mengikuti langkah-langkah simpel berikut ini:

  • Perhatikan sisi kiri atas layar, cari tombol kuas lukis yang berada di bagian tersebut.
  • Setelah itu, klik kanan tulisan Quick Selection Tools yang ada di Photoshop.
  • Tandai bagian-bagian objek yang akan dihapus. Pastikan tidak ada yang terlewatkan.

4. Menghapus Bersih Background Melalui Magic Eraser

Sebagai aplikasi editing, memotong gambar sesuai dengan bentuknya menjadi hal yang biasa. Tetapi jika, hasil potongan itu rapi maka bisa membuat kualitas gambar tersebut meningkat. Setelah melakukan proses sebelumnya, cara menghapus background adalah dengan menggunakan Magic Eraser. Lakukan langkah penggunaan Magic Eraser seperti yang akan dijelaskan berikut ini:

  • Perhatikan icon Eraser atau penghapus pada bagian kiri menu bar.
  • Bila menemukan tombol bertuliskan Magic Eraser Tool klik saja menu tersebut, melalui klik kiri.
  • Tekan bagian yang sama seperti bagian objek yang sudah dipilih.
  • Dalam waktu singkat ke gantian background akan dilakukan dan latar belakang akan menjadi transparan.

5. Menyimpan Foto Tanpa Background

Setelah proses panjang tadi berhasil dilakukan, yang perlu dikerjakan sekarang adalah dengan menyimpan gambar melalui menu save. Tutorial penyimpanan gambarnya akan mudah, cukup tekan menu file dan simpan baru di menu Save As. Jangan lupa ganti nama dokumennya agar tidak tertukar dengan yang belum dihilangkan backgroundnya.

Memiliki foto formal yang bagus tentunya dipengaruhi oleh kamera hp dan penghilangan background menjadi transparan yang dilakukan. Mengedit warna agar menjadi lebih cantik dan mulai menerapkan cara membuat background transparan di Photoshop akan membuat foto terlihat bagus. Akhirnya, hasil foto di hp tidak mengecewakan bahkan lebih bagus dibandingkan kamera digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *