6 Cara Mengatasi Memori Tidak Terbaca Pada Smartphone

Cara mengatasi memori tidak terbaca

Salah satu pertimbangan seseorang dalam membeli ponsel pintar yaitu kapasitas penyimpanannya. Maka dari itu, banyak pengguna yang memilih membeli memori card dengan kapasitas besar. Namun, memori tersebut adakalanya error. Kondisi error biasanya terjadi karena pengguna langsung mencabut kartu memori yang masih terpasang di ponsel tanpa mematikan ponselnya. Cara mengatasi memori tidak terbaca pada smartphone, yaitu:

1. Bersihkan Lapisan Tembaga

Pelepasan memory card dengan paksaan dan ditaruh ditempat yang berdebu akan membuat kartu tersebut menjadi cepat kotor. Maka dari itu, debu tersebut akan menempel di lapisan tembaganya dan membuat ponsel kesulitan untuk membacanya. Sehingga cara mengatasi memori tidak terbaca yaitu dengan menjaga lapisan tembaga pada memori card tetap bersih. Upaya yang bisa dilakukan untuk membersihkannya bisa beragam.

Biasanya dianjurkan untuk menggunakan penghapus pensil yang masih baru dan putih bersih. Penghapus kotor tentu saja akan malah membuat kartu memori menjadi rusak. Gosoklah bagian lapisan tembaga dengan penghapus pensil yang masih putih tersebut dengan hati-hati, perlahan, dan gosoklah tembaga searah, jangan bolak-balik. Cara lainnya yaitu dengan menggunakan tisu. Lap pada bagian lapisan tembaga dengan tisu sampai bersih.

2. Cek Kartu Memori agar Sesuai dengan Ponsel

Ada beberapa macam kartu memori yaitu SD, SDHC, SDXC, dan lain-lain. Setiap ponsel memiliki aturannya masing-masing. Aturan tersebut bisa berupa jenis kartu memorinya atau bisa juga batasan maksimal kartu memori.

Jika ponsel tersebut misalnya memiliki aturan maksimal kapasitas penyimpanan memori eksternal sampai 256 GB, maka jangan menggunakan memori yang melebihi kapasitas tersebut. Sebenarnya hal ini sepele, namun terkadang diabaikan.

3. Buat Memori Ke Settingan Awal Melalui Ponsel

Pengembalian kartu memori ke settingan awal bisa juga digunakan untuk memperbaiki memory card. Settingan awal dilakukan dengan cara melakukan format memori. Format ini berfungsi untuk menghapus semua data yang ada di memory card. Jadi lakukan back up juga pada kartu memori di pc atau lainnya supaya filenya tidak hilang.

Langkah-langkahnya secara umum yaitu pilih bagian pengaturan atau setting di ponsel. Kemudian pilih penyimpanan, lalu pilih penyimpanan kartu SD dan lakukan hapus kartu atau format kartu SD. Secara sederhananya seperti itu, namun bisa saja berbeda tergantung ponselnya. Tapi yang pasti, format SD ini berada di bagian pengaturan atau setting.

4. Gunakan Pengecekan Kerusakan di PC

Jika kartu memori tetap error maka coba hubungkan dengan komputer. Gunakan flashdisk card reader supaya memori eksternal bisa terhubung ke komputer. Harga flashdisk ini cukup terjangkau di pasaran dan mudah ditemukan.

Setelah terhubung. klik kanan pada icon kartu memori yang ada di komputer. Pilih error checking yang ada di properties. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Setelah itu coba masukkan kembali memory card ke ponsel.

5. Buat Kembali ke Settingan Awal dengan Bantuan PC

Ada kalanya memory card masih error. Coba cara ini yaitu dengan mengembalikan ke settingan awal melalui PC. Bisa gunakan flashdisk card reader supaya bisa tersambung dengan komputer. Setelah itu klik kanan pada icon kartu memori. Pilih format dan tunggu beberapa saat sampai proses format itu berhasil. Setelah itu, coba masukkan kembali ke ponsel.

6. Cek Keaslian Memory Card

Kerusakan juga berasal dari kualitas kartu memori tersebut yang jelek atau rendah. Cara mengatasi memori tidak terbaca yaitu dengan upaya pencegahan. Sebelum membelinya, pastikan ada logo dari distributor resmi serta biasanya kartu memori original memiliki harga yang lebih tinggi daripada yang palsu. Banyak orang yang sudah tertipu, karena di pasaran sekarang ini sudah banyak beredar kartu memori yang palsu.

Itulah Cara mengatasi memori tidak terbaca yang bisa dilakukan oleh orang awam. Apabila masih belum bisa, maka bawalah ke tukang service yang terpercaya dan pastikan jika datanya aman. Belilah produk-produk yang asli. Jangan tergiur harga murah yang tidak wajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *