Anti Badmood! Inilah Cara Mengatasi Wifi Indihome Tidak Konek

Cara Mengatasi Wifi Indihome Tidak Konek

Siapa bilang dengan menggunakan wifi fiber tidak dapat mengalami gangguan. Dalam beberapa hari terakhir, pengguna jaringan seperti Indihome nyatanya juga mengalami hal sama. Mulai dari koneksi melambat, bahkan hingga tidak dapat terhubung ke internet sama sekali. Lalu bagaimana cara mengatasi wifi Indihome tidak konek?

Sebenarnya ada beberapa metode. Namun jangan khawatir, karena pada artikel kali ini akan secara khusus membahas mengenai cara efektif yang bisa dicoba untuk mengatasi gangguan pada wifi Indihome. Langsung saja berikut beberapa caranya:

1. Restart Modem

Cara pertama ini pasti cukup sering dipraktekkan para pengguna wifi. Meski terdengar sepele dan kadang menyebalkan, namun cara ini cukup efektif untuk mengatasi wifi tidak konek. Hal ini bisa jadi karena masalah yang ditemui bukan diakibatkan perangkat rusak. Namun karena perangkat tersebut terlalu capek. Sehingga dengan melakukan restart modem dapat meringankan kerja perangkat untuk optimal berjalan kembali.

2. Melakukan Pembaruan Driver Adaptor Wifi

Tidak menutup kemungkinan masalah gangguan seperti ini terjadi akibat driver wifi out-dated. Masalah semacam ini bisa dilihat atau ditandai dengan laptop error namun internet tetap berjalan pada perangkat lain. Cara mengatasi wifi Indihome tidak konek terutama untuk perangkat komputer atau laptop yakni dengan melakukan pembaruan driver adaptor wifi.

Bisa melalui Device Manager dengan cara klik “Start Menu”, lalu buka “Device Manager”. Pilih kategori device kemudian klik kanan pada perangkat dan klik “Update”. Tekan “Search automatically for update driver software” dan terakhir klik “Update Driver”.

3. Ganti RJ 45 Ke Port Lain

RJ adalah kepanjangan dari Registered Jack yang juga merupakan sebuah peralatan standart jaringan yang berguna mengatur mengenai pemasangan kepala konektor serta urutan kabel. Alat ini juga dapat menghubungkan dua ataupun lebih peralatan komunikasi maupun jaringan komputer.

RJ45 sendiri adalah sebuah kabel Ethernet yang biasanya digunakan para pemilik perusahaan jaringan sebagai alat konektor topologi jaringan LAN maupun topologi jaringan lainnya. Untuk mengatasi gangguan pada jaringan Indihome, pengguna juga bisa mencoba untuk port RJ45 pada wifi yang digunakan. Hal ini juga  berkaitan untuk memastikan bahwa tidak ada kerusakan pada port jaringan tersebut.

4. Mengubah Mode Wifi

Apabila dengan melakukan restart modem tidak juga membuat jaringan menjadi lebih lancar, hal lain yang bisa dicoba yakni dengan mengubah mode wifinya. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengetik 192.162.0.1 pada mesin pencarian. Kemudian login menggunakan password serta username yang telah diatur sebelumnya.

Apabila bingung dengan username serta password, bisa langsung menghubungi petugas admin. Apabila telah mengetik nomor seperti yang tersebut di atas, cari menu “Wireless a Wireless Settings” untuk mengubahnya menjadi “11bgn mixed a klik Save”. Kemudian tunggu beberapa saat dan restart kembali router lalu lihat hasilnya.

5. Hubungi Petugas Teknis Indihome

Apabila masalah tersebut diakibatkan karena rusaknya kabel atau komponen pada modem, pengguna bisa meminta bantuan petugas teknis Indihome. Biarkan petugas melakukan pengecekan pada semua perangkat yang digunakan. Cara mengatasi wifi Indihome tidak konek satu ini dianggap paling ampuh. Hal ini disebabkan, semua permasalahan akan langsung ditangani oleh ahlinya.

Cara mengatasi wifi Indihome tidak konek seperti yang telah diterangkan di atas, bisa menjadi jalan keluar saat internet memang benar-benar terkendala. Keberadaan internet saat ini sangat dibutuhkan semua kalangan. Hampir semua hal dilakukan dengan bantuan internet. Jadi kala terjadi penurunan kecepatan atau bahkan tidak terhubung sama sekali akan langsung ketahuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *