Islami  

Ini Manfaat Puasa 3 Hari Neptu 40 Apabila Diamalkan

manfaat puasa 3 hari neptu 40

Jawa merupakan sepetak tanah di Indonesia yang penuh dengan adat dan tradisi. Salah satunya ada tradisi puasa 40 hari yang diganti menjadi tiga hari dan dikenal dengan istilah puasa 3 hari Neptu 40. Nah, pada ulasan berikut ini akan dijelaskan manfaat puasa 3 hari Neptu 40 yang kadung berakar di tengah orang-orang Jawa.

Puasa secara umum, atau yang diistilahkan Siam di dalam Islam, memang memiliki banyak manfaat. Nah, dalam konteks ini, selama tidak ada kesyirikan dan bid’ah di dalam pelaksanaannya, mungkin puasa 3 hari neptu juga memiliki manfaat yang sama. Ini manfaat-manfaat yang dimaksud:

1. Membersihkan Detox di Dalam Tubuh

Jika ingin menguras detox atau racun di dalam tubuh, maka salah satu solusinya adalah berpuasa. Apapun jenis puasanya, manfaat dari sisi kesehatan tetap ada yang salah satunya sudah terbukti berperan sebagai detoksifikasi seperti yang sudah disebut pada kalimat pertama.

Memberikan satu hari atau tiga hari untuk tidak makan dan minum di siang hari, sama juga telah memberikan hak anatomi tubuh untuk bekerja lebih rileks. Termasuk bekerja mengusir semua detox yang tertanam di dalam badan akibat makan makanan yang tidak sehat.

2. Untuk Memberi Waktu Santai pada Sistem Pencernaan

Puasa 40 hari ternyata bisa menyehatkan sistem pencernaan karena kerja sistem ini tidak terlalu terforsir. Nah, terkait dengan manfaat puasa 3 hari neptu 40 yang mana puasa yang seharusnya 40 hari diganti menjadi 3 hari, manfaatnya bagi sistem pencernaan tetap ada minimal selama tiga hari tersebut.

Artinya, sistem pencernaan bisa bekerja dengan nyaman selama tiga hari. Sistem ini akan mengurai seluruh makanan agar nutrisinya bisa diserap tubuh, sedangkan ampasnya langsung dikirimkan ke usus sebelum masuk ke daerah pembuangan (anus).

3. Bisa Menjaga Diri dari Perilaku Maksiat

Manfaat yang berikutnya adalah bisa menjaga diri dari perilaku maksiat, baik maksiat mata, mulut lebih-lebih maksiat kemaluan. Orang yang berpuasa, tentu terhalang dari perilaku tersebut, karena ini sudah Allah sampaikan di dalam ayat-ayatnya.

Nah, terkait dengan manfaat ini, maka silakan menerapkan aktivitas puasa karena semakin banyak berpuasa, bumi akan semakin damai dan akan terbebas dari kejahatan-kejahatan. Jika sudah rutin puasa 40 hari maupun 3 neptu 40, tetapi masih saja korupsi, maka berarti tidak ada hasil apapun dari puasanya kecuali lapar dan dahaga saja.

4. Memiliki Kesempatan untuk Berbagi Makanan ke yang Membutuhkan

Orang yang berpuasa, tidak hanya bermanfaat bagi dirinya seperti kesehatan saja, tetapi juga ada ibadah sosial yang bermanfaat bagi orang lain. Salah satu buktinya adalah orang yang berpuasa, tentu mengurangi porsi makan dan minum. Nah, bukankah ini adalah kesempatan untuk berbagi makanan dan minuman kepada yang membutuhkan?

Jadi, kalau niat puasa semacam ini yang dipakai, tentu Allah akan meridhoi dan akan memberikan pahala atas puasa yang telah dijalankan. Apalagi jika yang menerima makanan memang orang-orang yang miskin lagi papa.

5. Puasa Mampu Menajamkan Hati

Menurut Imam Al Ghazali, puasa bisa digunakan sebagai jalan untuk menajamkan hati. Sehingga, ada kemampuan untuk meningkatkan rasa sabar, tawadhu’, istiqomah, wara’ dan zuhud yang membuat manusia enggan untuk menyakiti orang lain.

Ini memang sulit kecuali untuk orang yang khusuk’ dan ikhlas ketika berpuasa. Selain itu, niat puasanya memang untuk beribadah dan mencari keridhaan Allah bukan karena adanya niat yang lain.

Itulah manfaat puasa 3 hari neptu 40 hari yang benar bukan untuk mendapatkan kesaktian, pesugihan apalagi untuk memperdalam ilmu pengasihan. Jadi, silakan berpuasa, tetapi niatkan dengan lurus semata demi peribadatan kepada Allah bukan ke yang lain. Sebab, hanya Allah-lah ilah yang wajib disembah oleh seluruh umat manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *