Ingin Tahu Harga Saham Pertamina Per Lot? Simak Informasi Ini Terlebih Dahulu

harga saham pertamina per lot

Sebagai sebuah perusahaan besar di Indonesia, membuat Pertamina menjadi salah satu dari sekian banyak perusahaan yang diincar investor. Pemilik dan juga pengelola dari saham perusahaan tersebut ialah pemerintah. Harga saham Pertamina per lot sering kali menjadi pertanyaan populer yang dilontarkan masyarakat.

Termasuk kedalam Badan Usaha Milik Negara, menjadikan 100 persen sahamnya dipegang oleh kementerian. Jika ditanya apakah saham tersebut bisa dibeli? Jawabannya tentu saja tidak. Cara lain yang dapat investor lakukan agar bisa membelinya yaitu lewat saham mayoritas yang berkode PGAS atau PT. Gas Tbk. Ingin tahu lebih lanjut? berikut ulasannya.

Sejarah Pertamina

Berawal pada tahun 1957, pertamina didirikan oleh pertamina lewat anggota angkatan darat untuk mengeksploitasi minyak bumi area sumatera utara. Perlahan perusahaan itu berubah menjadi usaha milik negara, yang sepenuhnya dikendalikan pemerintah. Saham yang tidak go public membuatnya tidak bisa untuk diperjual belikan.

Menjadi salah satu penggerak perekonomian terbesar membuatnya menjadi salah satu perusahaan tanpa pesaing. Banyak membuat masyarakat ingin tahu tentang sistem ataupun struktur yang ada di dalamnya. Bagaimana tidak? pertamina sudah tersebar di seluruh pelosok sehingga sangat dibutuhkan, membuat pembukaan sahamnya terus dinantikan masyarakat.

Cara Membeli dan Mengetahui Harga Saham Pertamina Per Lot

Saat ini meskipun Pertamina belum membuka sahamnya kepada publik, namun pemilik saham terbesarnya dikabarkan telah mendaftarkan diri di Bursa Efek Indonesia. Berminat untuk membeli saham Pertamina? Pastikan untuk melihat kode PGAS, karena nama itulah yang dicatatkan pada BEI. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk pembeliannya:

1. Buat Akun Sekuritas

Bagi pemula yang baru bermain di dunia investasi saham dan ingin melakukan transaksi baik jual atau beli. Hal pertama yaitu buka akun sekuritas terlebih dahulu. Akun tersebut fungsinya sebagai perantara untuk dapat melakukan transaksi di BEI. Investasi tidak akan bisa dilakukan jika belum mempunyai sekuritas yang menjadi penghubung antara investor.

Terdapat dua cara untuk pembukaan akun yang pertama dengan cara manual dengan datang ke kantor sekuritas. Kedua, dengan cara online melalui koneksi internet secara mandiri. Pastikan bahwa sekuritas yang dipilih aman dan juga terpercaya dengan mengeceknya pada OJK. Perusahaan yang sudah terdaftar di sana sudah masuk dalam pengawasan pemerintah.

2. Daftar pada Perangkat Lunak Saham

Pembuatan rekening akan memakan waktu mulai 2 hari sampai 3 mingguan masa kerja, fungsinya untuk transaksi jual beli saham nantinya. Jika sudah, tahap selanjutnya yaitu melakukan registrasi akun terlebih dahulu. Ini berlaku untuk setiap pemula yang baru memakai aplikasi saham. Pada aplikasi inilah nantinya setiap pergerakan saham akan terlihat.

3. Mulai Pembelian

Jika sudah yakin, mulailah untuk membeli saham pertamina dengan mengklik kolom Trade dan pilih Buy. Tampilan yang ada dalam aplikasi pun akan berubah, sebelumnya atur terlebih dahulu symbol dengan kode pertamina yaitu PGAS. Harga saham pertamina setiap harinya berubah-ubah, hal yang perlu diperhatikan yaitu urutan harga.

Per tanggal 2 bulan Juli 2021, harga saham per lot 1.250 dengan jumlah selisih 260. Harga terendahnya mencapai 990 dengan rata-rata keseluruhan 1.095. Oleh sebab itu meskipun seringkali terjadi naik turun, namun Pertamina menjadi salah satu saham yang tetap diincar saat pembukaanya.

4. Lihat Pegerakan Analisis Grafik PGAS

Pembelian saham tentunya bertujuan untuk mendapatkan laba atau profit sesuai dengan yang diharapkan. Saat melakukan pembelian saham PGAS awalnya rendah, maka harapan kedepannya yaitu memilih waktu yang tepat untuk melakukan penjualan per lotnya ketika berada pada tingkat harga yang tinggi.

Demikianlah ulasan terkait jawaban dari, bagaimanakah cara memiliki dan cek harga saham Pertamina per lot? Harga saham sendiri setiap waktunya memiliki pergerakan yang tidak dapat diprediksikan. Hal ini dipengaruhi oleh pergerakan perekonomian, namun karena pertamina termasuk blue chip itu membuatnya menjadi salah satu saham yang diperhitungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *