Pengertian Server dan Jenis-Jenisnya yang Perlu Diketahui

Pengertian Server dan Jenis-Jenisnya yang Perlu Diketahui (qtera.co.id)
Pengertian Server dan Jenis-Jenisnya yang Perlu Diketahui (qtera.co.id)

Anda tahu apa itu server? Itu adalah sebuah perangkat yang penting dalam sebuah jaringan komputer dan internet. Bahkan ketika Anda berinternet mungkin Anda tidak sadar sudah menggunakannya. Nah, kali ini kami akan membahas mengenai hal ini.

Dengan mengetahui fungsi dari perangkat komputer yang satu ini, Anda bisa memanfaatkannya secara lebih baik. Perangkat ini juga tersedia banyak di dalam komputer atau internet. Semua jenisnya bisa dihubungkan satu sama lain.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal tersebut, kami sudah menggunakan berbagai jenis informasi mengenai perangkat tersebut.

Pengertian Server dan Jenisnya

Server merupakan sistem dalam komputer dengan berbagai sumber daya yang digunakan sebagai pusat sumber daya penyimpanan data dan layanan khusus. Penyimpanan datanya dapat digunakan untuk menyimpan dokumen dan informasi.

Setelah itu, data tersebut bisa diolah menjadi beberapa layanan. Misal, menyampaikan website, menerima/mengirim email, dan sebagainya. Untuk perangkatnya juga beragam, biasanya dibagi menjadi beberapa jenis. Sebab sebuah perangkat bisa dihubungkan dengan beberapa client.

Komponen dalam komputer ini memiliki 3 bentuk berupa hardware, software, atau bisa disebut juga dengan virtual machine. Bentuk hardware biasanya berbentuk jaringan komputer yang sangat besar, biasanya juga menampung berbagai prosesor dan RAM dengan kualitas banyak.

Berbagai Jenis Server

Sudah dijelaskan tadi bahwa jaringan ini memiliki banyak jenis. Kami sudah mengumpulkan apa saja jenisnya untuk Anda pelajari. Untuk tahu apa saja jenis server, Anda bisa langsung simak ulasan yang kami bagikan berikut ini. Jangan sampai ada yang terlewat.

Web Server

Merupakan perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk menjalankan website. Jaringan ini berfungsi untuk digunakan sebagai pusat pengaturan dalam proses website. Lalu digunakan juga untuk penyimpanan data website seperti dokumen HTML, file CSS, dan file javascript.

Agar bisa menampilkan halaman utama, nantinya website utama akan mendapatkan dan menerima kemudian memprosesnya dari browser. Setelah itu, hasilnya akan dikirimkan melalui browser untuk kemudian ditampilkan.

Pusat Email

Merupakan jaringan yang menyediakan fasilitas pengelolaan dan penyimpanan data email penggunanya. Jaringan ini bisa menampung dan menerima email dari pengirim ke penerima. Perangkat ini juga memiliki protokol khusus agar bisa menerima dan melakukan pengiriman ke penerima email.

Pusat Aplikasi

Merupakan salah satu perangkat yang bisa memberikan pelayanan atau melakukan proses pelayanan kepada setiap permintaan akses kepada client yang masih memiliki hubungan dengan jaringan. Dalam proses komunikasinya bisa menggunakan protokol HTTP.

Perangkat ini bisa digunakan untuk mengeksekusi sebuah prosedur, baik itu berupa program maupun script. Dengan begitu, aplikasi bisa berjalan dengan normal kembali. Perangkat ini cukup mirip dengan pusat web yang sama-sama menyediakan layanan bagi client.

Pusat Data Base

Merupakan sistem komputer yang bisa digunakan untuk mengakses atau menyediakan layanan dari database. Jenis perangkat seperti ini banyak digunakan oleh perusahaan untuk menyimpan dan mengolah data yang mereka miliki.

Pusat File

Ini merupakan sebuah jaringan yang berfungsi untuk mengelola semua data pada komputer jaringan. Selain itu, jaringan ini juga berfungsi untuk mengatur informasi mengenai jaringan komputer. Biasanya digunakan pada jaringan lokal seperti komputer kantor, warnet, dan sebagainya.

Jadi bila dirincikan, jaringan komputer yang satu ini adalah sistem komputer yang memiliki resolusi cukup besar. Lalu termasuk layanan khusus yang digunakan untuk kebutuhan komputer. Jadi, peran server dalam komputer benar-benar penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *