Inilah 5 Penyebab Aplikasi Tidak Kompatibel di PlayStore yang Harus Diketahui!

penyebab aplikasi tidak kompatibel di playstore

Bagi pengguna Android PlayStore adalah marketplace resmi yang diandalkan. Berbagai macam aplikasi bisa didapatkan secara mudah dan gratis di sini. Namun, terkadang pengguna mengalami sedikit masalah saat mengunduh aplikasi. Salah satu masalahnya yaitu tidak bisa mengunduh karena tidak kompatibel. Sebenarnya apakah penyebab aplikasi tidak kompatibel di PlayStore itu? Berikut ini 5 penyebab utamanya:

1. Versi Android Sudah Usang

Penyebab utama sebuah aplikasi tidak dapat diunduh adalah karena versi Android yang digunakan pengguna sudah lawas. Untuk itu pengguna harus rutin melakukan pembaruan sistem. Maka dengan sistem yang terbaru, biasanya untuk mengunduh aplikasi bisa mudah.

Sebab, biasanya untuk mengunduh atau memperbarui aplikasi diperlukan sistem terbaru untuk mensupportnya. Biasanya akan muncul pemberitahuan otomatis untuk pengunduhan versi terbaru di ponsel pengguna sebelum menginstal aplikasi jika itu yang menjadi penyebabnya.

2. Ponsel Pengguna Tidak Mendukung Aplikasi

Selain karena versi lama penyebab aplikasi tidak kompatibel di PlayStore, biasanya adalah karena ponsel tidak mendukung aplikasi. Biasanya terdapat spesifikasi khusus untuk mengunduh aplikasi. Salah satunya mungkin memori HP dan versi Android. Jika memori HP sudah hampir penuh biasanya semua aplikasi yang sedang proses download akan otomatis dibatalkan. Misalnya pengguna ingin mengunduh aplikasi game PUBG yang spacenya mencapai 1GB maka pastikan dulu memorinya masih cukup atau tidak

Begitu juga jika ponselnya tidak sesuai standar aplikasi. Misalnya untuk mengunduh WhatsApp harus minimal Android seven sedangkan HP pengguna hanya Android six, maka otomatis tidak akan dapat diunduh. Kalaupun bisa diunduh dalam proses penginstalan pasti tidak bisa. Solusi untuk mengatasi permasalah ini adalah pengguna mencari aplikasi serupa yang lebih rendah spesifikasinya.

3. Aplikasi Belum Tersedia di Wilayah Pengguna

Ketiadaan aplikasi di suatu wilayah menyebabkan aplikasi tersebut tidak kompatibel. Hal ini biasanya berlaku untuk aplikasi-aplikasi baru. Aplikasi baru biasanya hanya dapat diunduh dan digunakan di negara asalnya saja. Hal ini berkaitan dengan izin penggunaan dan legalitas hukumnya.

Jika pemerintah memboikot sebuah aplikasi untuk masuk ke negaranya, maka dapat dipastikan aplikasi tersebut tidak akan bisa untuk digunakan. Jadi, sebelum mengunduh dan menginstal aplikasi pastikan terlebih dahulu aplikasi tersebut terdaftar di Kominfo. Jika tidak ada ya dipastikan aplikasi tersebut belum sampai Indonesia atau masih dalam proses penilaian.

4. Kesalahan Pada Layanan Google Play

Akun PlayStore biasanya akan terhubung langsung dengan akun Google pengguna. Jika Pengguna memiliki beberapa akun, maka biasanya akan sering terjadi kesalahan. Untuk itu pastikan terlebih dahulu akun mana telah terdaftar dalam PlayStore atau Google Play sebelum mengunduh aplikasi.

Hal ini berguna untuk menghindari kesalahan file login. Jika ada kesalahan pada saat login maka aplikasi tidak kompatibel terjadi. Solusi untuk menghadapi permasalahan seperti ini adalah menghapus semua data cache PlayStore dan login ulang.

5. Tidak Memiliki Hardware Pendukung Aplikasi

Jika yang pengguna unduh adalah aplikasi yang mengharuskan adanya perangkat lain pastikan terlebih dahulu perangkat itu ada. Karena percuma saja mengunduh aplikasi tetapi perangkat pendukungnya tidak punya. Misalnya pengguna mengunduh aplikasi percetakan maka untuk menggunakan aplikasi tersebut pengguna harus mempunya printer yang terhubung dengan aplikasi. Jika tidak maka tidak heran jika aplikasi tersebut tidak kompatibel.

Itulah penjelasan tentang 5 penyebab aplikasi tidak kompatibel di PlayStore utama yang wajib pengguna ketahui. Pastikan terlebih dahulu pengguna membaca spesifikasi aplikasi dengan cermat. Lihat dan cocokkan sendiri dengan spesifikasi ponselnya. Jika sesuai silakan diunduh jika tidak ya jangan karena percuma saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *