Inilah Syarat Pendaftaran Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli Utara serta Biaya Kuliahnya

universitas sisingamangaraja xii tapanuli utara

Sejumlah perguruan tinggi swasta di Indonesia, termasuk Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli Utara memang belum menggelar penerimaan calon mahasiswa. Namun, tak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu syarat masuk UNITA yang harus dipersiapkan dengan matang.

Hal ini demi mendapatkan peluang lebih besar untuk diterima di perguruan tinggi asal Tapanuli ini. Tak sedikit orang ingin kuliah di kampus ini. Wajar saja, hal ini dikarenakan popularitas dan kualitasnya yang sudah sangat terpercaya.

Syarat Pendaftaran Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli Utara

Bagi sebagian orang memilih kampus favorit dan ternama adalah hal terpenting sebelum mendaftar kuliah. Oleh karena itu, untuk bisa kuliah di kampus impian ini perlu memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak kampus. Bagi yang sudah tidak sabar, simak beberapa persyaratan berikut ini:

1. Wajib Mempunyai NISN

Sejak lulus dari SD, setiap siswa di Indonesia sudah diberikan NISN yang berupa sejumlah nomor sebagai identitas. Nomor ini dibuat oleh Kemdikbud dengan catatan setiap siswa memiliki nomor yang berbeda.

Nah, karena UNITA menentukan salah satu persyaratan pendaftaran adalah memiliki NISN maka saat pendaftaran wajib menyerahkan NISN yang asli. Pendaftar tentunya tidak bisa memalsukan nomor karena pihak UNITA bisa mengeceknya langsung melalui Kemdikbud.

Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui nomor tersebut? Cara ini sebetulnya dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan mengunjungi situs web resmi milik Kemdikbud. Lalu, carilah pilihan NIS. Jika sudah ketemu, masukan identitas yang meliputi nama dan tanggal lahir. Setelah itu, klik ‘Cari’.

2. Tidak Sedang Kuliah di Universitas Lain

Syarat Masuk Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli Utara lainnya yaitu tidak sedang kuliah di Universitas lain. Jadi, jika sebelumnya pendaftar pernah kuliah di Universitas lain pastikan bahwa administrasi di kampus telah diselesaikan dan pendaftar telah memproses surat pindah jika ingin melanjutkan kuliah dengan jurusan yang sama.

3. Menyerahkan Nilai Semester 1 Hingga Semester 6

Pendaftar yang baru lulus SMA wajib menyerahkan nilai semester 1 hingga semester 6. Meskipun hingga saat ini belum ada informasi terkait standar nilai yang ditentukan sebagai persyaratan, tetapi tidak ada salahnya untuk mempersiapkan nilai sebaik mungkin. Pada umumnya daftar nilai ini dibutuhkan oleh perguruan tinggi swasta untuk menunjukan bahwa pendaftar yang bersangkutan benar-benar telah menyelesaikan sekolahnya hingga lulus.

Komponen Biaya Kuliah Sisingamangaraja XII Tapanuli Utara

Saat ini kuliah menjadi hal terpenting yang perlu diprioritaskan demi mewujudkan cita-cita dan meningkatkan kecerdasan. Sementara itu, kuliah juga memerlukan biaya yang harus dibayarkan mulai dari semester pertama hingga semester akhir. Bagi yang tertarik dan ingin segera mendaftar di UNITA, ada baiknya mengetahui biaya yang harus dibayarkan seperti berikut ini:

1. Uang Pangkal

Sama seperti perguruan tinggi lainnya, UNITA juga mewajibkan calon mahasiswa yang ingin berkuliah untuk membayar uang pangkal. Namun, jangan khawatir merasa keberatan dengan komponen ini karena pihak kampus memberi keringanan berupa cicilan hingga 24 kali. Bagi program D3 dan S1, bayaran dapat dicicil 12 hingga kali dan khusus untuk S2 dapat dicicil sampai 24 kali.

2. SPP

Komponen kedua dari biaya Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli Utara yaitu SPP. Biaya ini wajib dibayar setiap semester dan tidak dipengaruhi oleh jumlah SKS. Jadi, meskipun SKS yang diambil sedikit maka biaya SPP akan tetap sama. Mahasiswa dapat membayarnya dengan cara dicicil sampai 6 kali.

Demikianlah informasi mengenai syarat daftar Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli Utara serta komponen biaya yang harus dibayarkan oleh mahasiswa. Setelah melengkapi persyaratan tersebut, pendaftar akan segera dihubungi pihak kampus kapan jadwal orientasi hingga perkuliahan dimulai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *