Ketahui 5 Daftar Universitas Perhotelan di Jakarta dengan Prospek Bagus

universitas perhotelan di jakarta

universitas hadir dengan berbagai pilihan program studi yang dibuat sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perusahaan. Program studi favorit di masyarakat misalnya adalah kedokteran padahal ada juga program studi potensial lainnya seperti perhotelan. Ada prospek bagus dari jurusan ini ke depannya, tapi apa saja universitas perhotelan di Jakarta?

Tidak semua universitas mengadakan jurusan perhotelan karena memang jurusan ini tidak begitu populer dan sering dianggap remeh. Padahal jurusan ini terkenal karena kegiatan pembelajarannya yang menyenangkan dan tidak terlalu memberatkan. Berikut ini beberapa universitas perhotelan di Jakarta yang bisa menjadi pilihan melanjutkan studi:

1. Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI)

Pertama ada universitas yang namanya sudah tidak asing lagi ditelinga dan kerap disapa dengan sebutan BSI. Tagline populer dari universitas ini di televisi atau media lainnya yaitu “kuliah? BSI aja,” yang memang banyak didengar. Universitas ini terkenal dengan perkembangannya dalam keilmuan berbasis teknologi informasi tetapi ada juga jurusan perhotelan.

Jurusan perhotelan di UBSI sendiri merupakan program diploma 3 (D3) dan masuk ke dalam fakultas ekonomi dan bisnis. Kampus dari jurusan perhotelan sendiri terletak di wilayah Kaliabang, Bekasi, tidak benar-benar di Jakarta. Di kampus ini, mahasiswa akan belajar dan diterjunkan secara langsung ke berbagai hal terkait perhotelan.

2. Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid (STP Sahid)

Selanjutnya ada STP Sahid yang terletak di wilayah Jalan Kemiri di kawasan Tangerang Selatan yang memang merupakan gedung utama. program sekolah tinggi sebenarnya mirip dengan universitas hanya saja biasanya pendidikan lanjut jenis ini lebih berfokus pada keahlian (diploma).

Untuk perhotelan sendiri tergabung dalam program perhotelan dan pariwisata yang menawarkan jenjang D.III ataupun juga D.IV. Seperti namanya, sekolah tinggi ini memang dikhususkan untuk dunia pariwisata saja termasuk perhotelan itu sendiri.

3. IULI

Nama satu ini mungkin tidak cukup terkenal tetapi IULI sendiri merupakan kependekan dari International University Liaison Indonesia. Universitas ini merupakan jenis universitas internasional yang memang menjalin kerjasama dengan banyak negara luar.

Selama kuliah di sini nantinya akan ada program kemitraan dengan berbagai instansi di seluruh dunia yang berguna untuk karir. Universitas ini bekerja sama secara langsung dengan German Partner Universities yang membuka banyak peluang besar.

4. STP Trisakti

Selanjutnya ada universitas perhotelan di Jakarta yang tergolong dalam sekolah tinggi yang masih berada di bawah naungan Yayasan Trisakti. Sekolah tinggi ini masih tidak terpisah hanya saja memang diberi nama berbeda karena program khusus di dalamnya.

STP Trisakti sendiri tergolong ke dalam universitas dengan program hotel di dalamnya yakni sejak tahun 1969 lalu. Letak dari STP Trisakti termasuk dalam wilayah Jakarta mengingat posisinya berada di wilayah Bintaro.

5. STP UPH

Siapa yang tidak mengenal nama UPH? Salah satu kampus swasta elit yang berada di Jakarta dan STP merupakan cabangnya. Sekolah tinggi ini hanya memiliki dua jurusan saja yaitu untuk manajemen perhotelan serta satu lainnya yaitu usaha wisata.

Letak dari STP ini berada di bilangan Lippo Karawaci, wilayah Tangerang yang terbilang strategis. Belajar di STP ini bisa dengan praktik langsung terkait ilmu perhotelan dan pariwisata bersama para ahli dan dosen yang kompeten.

Itulah dia beberapa universitas perhotelan di Jakarta yang memang masih belum semuanya dimasukkan dalam daftar. Masih ada universitas lain dengan jurusan perhotelan seperti misalnya Universitas Bunda Mulia Jakarta yang melaksanakan pembelajaran kolaborasi daring dan luring.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *