Universitas Pertahanan S1 Syarat dan Cara Pendaftaran

Universitas Pertahanan S1

Ada universitas yang dikelola oleh swasta, di bawah Kemdikbud, serta universitas khusus di bawah Kementerian Pertahanan yaitu Universitas Pertahanan. Program ini dijalankan untuk memenuhi kebutuhan TNI nantinya. Ketertarikan masuk di universitas ini cukup tinggi, tapi kapan pendaftaran Universitas Pertahanan S1 dimulai?

Universitas menjadi salah satu institusi penting yang memegang peran penting dalam berbagai sektor kehidupan serta bisnis. Banyak orang masuk perguruan tinggi karena ingin mendapatkan ilmu lalu pekerjaan yang lebih layak dibanding jenjang pendidikan di bawahnya. Berikut ini beberapa fakta terkait pendaftaran Universitas Pertahanan S1:

Syarat Umum

Hal pertama yang perlu dipahami adalah beberapa persyaratan umum untuk bisa bergabung menjadi mahasiswa di Universitas Pertahanan. Seorang calon mahasiswa harus merupakan WNI baik pria atau perempuan yang nantinya bersedia memenuhi ketentuan dan peraturan universitas.

Seorang calon mahasiswa juga harus bebas dari buta warna dan memiliki kesehatan secara jasmani serta rohani. Untuk tahun 2021 sendiri, yang boleh mendaftar hanyalah dari lulusan IPA pada tahun 2020 atau 2021. Ini berarti pendaftaran hanya terbuka untuk lulusan satu tahun sebelumnya dan tahun ini.

Siswa yang mendaftar harus punya rapor rata-rata minimal di angka 80 dan memiliki IQ di atas angka 120. Ada persyaratan minimal tinggi badan di universitas ini yaitu 155 cm untuk wanita dan 160 cm untuk laki-laki.

Sistem Kontrak

Berbeda dengan di universitas lain, mahasiswa dari Universitas Pertahanan nantinya akan dipekerjakan di bawah naungan TNI. Pendidikan di universitas ini bersifat kontrak dimana nantinya mahasiswa harus bekerja dan ditempatkan sesuai kebutuhan.

Semua biaya kuliah nantinya akan ditanggung pihak universitas sendiri dengan syarat tidak menerima beasiswa lainnya. Mahasiswa juga nantinya harus mau untuk tinggal di asrama dengan berbagai peraturan terutama tidak hamil saat pendidikan.

Syarat Khusus

Ada berbagai program studi yang ditawarkan di universitas ini dimana beberapa program studi memberikan syarat khusus bagi pendaftar. Untuk program Pendidikan Dokter misalnya disyaratkan nilai dari mata pelajaran matematika dan biologi berada di atas 90. Syaratnya sama dengan program studi biologi.

Program studi lainnya memiliki syarat khusus yang menyesuaikan program studi sendiri seperti kimia dan nilai kimia di SMA minimal 90. Universitas Pertahanan juga menyediakan program studi teknik seperti elektro, mesin, informatika, hingga konstruksi khusus militer. Untuk teknik sendiri diperlukan nilai minimal 90 di bidang fisika serta matematika.

Cara Mendaftar

Ada beberapa langkah dalam pendaftaran Universitas Pertahanan S1 yang harus diawali dengan pengecekan persyaratan. Setelah itu, calon mahasiswa harus masuk ke portal PMB Unhan kemudian melakukan pendaftaran akun dengan mengisi data. Calon pendaftar lalu perlu memasukkan foto resmi, dokumen pendidikan SMA, serta beberapa dokumen persyaratan.

Setelah semuanya, mahasiswa akan diarahkan untuk menentukan program studi apa yang hendak dipilih untuk selanjutnya. Terakhir hanya tinggal menunggu waktu pengumuman, tetapi sebelumnya, catat juga tanggal untuk ujian nantinya.

Pendaftaran Mahasiswa Baru 2021

Tertarik untuk mendaftar di Universitas Pertahanan tahun ini? sayangnya untuk tahun ini pendaftaran hanya dibuka pada tanggal 1 hingga 17 Maret lalu yang berarti sudah selesai. Pendaftaran keseluruhan dilakukan secara online kemudian calon mahasiswa melakukan seleksi sesuai dengan ketentuan yang ada.

Pendaftaran Universitas Pertahanan S1 sedikit berbeda dengan universitas lain karena tujuan berdirinya universitas ini pun tidak sama. Selama pendidikan, mahasiswa juga akan mendapat perlakuan berbeda mengingat nantinya akan bekerja di bawah militer langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *