Mengenal 5 Jurusan Universitas Terbuka Purwokerto

jurusan universitas terbuka purwokerto (2)

Kuliah menjadi salah satu aktivitas yang saat ini tidak bisa dihindari lagi karena semakin meningkatnya standar untuk bekerja. Ada banyak sekali cara untuk masuk dalam dunia kuliah mulai dari masuk ke universitas negeri, swasta, hingga universitas terbuka. Ada beberapa jurusan universitas terbuka Purwokerto yang bisa mewadahi minat dan bakat.

Universitas terbuka sedikit berbeda dengan universitas pada umumnya karena nyaris semua kegiatan dilakukan secara online. Di universitas ini juga dijalankan program hanya tiap akhir pekan saja jadi mahasiswa masih bisa melakukan pekerjaan. Berikut beberapa jurusan  di UT Purwokerto:

1. FKIP

Pertama ada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang memang disediakan untuk masyarakat. Fakultas ini ada dengan memberi pelayanan terhadap mahasiswa yang di kehidupannya telah menjadi seorang pendidik tanpa sertifikat. FKIP merupakan program S1.

Ada berbagai jurusan dalam fakultas satu ini mulai dari biologi, kimia, PGSD, bahasa sastra, hingga PGPAUD dan ekonomi. Seluruh kegiatan dikemas dalam sistem pembelajaran jarak jauh dan kegiatan di fakultas ini seluruhnya sudah diberi izin oleh Dikti.

2. Fakultas Ekonomi

Rumpun ilmu selanjutnya yang ada di UT Purwokerto adalah Fakultas Ekonomi dimana ini dikhususkan untuk belajar ekonomi saja. Mahasiswa akan diberi pelajaran dan banyak hal terkait ilmu manajerial supaya bisa menjadi manusia yang ahli di bidang tersebut.

Fakultas ini menyediakan beberapa jurusan untuk tingkat strata satu (S1) seperti ekonomi pembangunan, syariah, hingga pariwisata. Diharapkan mahasiswa yang menempuh kuliah di jurusan ini bisa punya kompetensi terkait masalah dan penyelesaian di bisnis serta organisasi public.

3. FST (Sains dan Teknologi)

Ketiga ada fakultas sains dan teknologi yang memang bergerak di bidang ilmu berbasis sains serta teknologi. Awalnya, fakultas ini hanya menyediakan program matematika dan sains saja di tahun 1984 kemudian berkembang seiring waktu.

Perkembangan dari program studi ini dilakukan melihat adanya pola perubahan kebutuhan di ranah masyarakat serta ranah pekerja. Ada 6 jurusan yang ditawarkan dalam fakultas ini yaitu agribisnis, PWKL, teknologi pangan, biologi, matematika, serta statistika. Seluruh jurusan yang ada merupakan jurusan S1 dan keilmuan yang diberikan berbasis murni.

4. FHISIP

Selanjutnya ada fakultas hukum yang di UT ini bergabung bersama fakultas ilmu politik dengan nama FHISIP. Fakultas ini didirikan dengan harapan memberi pelayanan terhadap mahasiswa agar bisa berkembang menjadi praktisi di bidang hukum dan ilmu politik.

FHISIP diakui sebagai salah satu fakultas favorit dan unggulan di antara penyedia pembelajaran jarak jauh lainnya di tingkat Asia. Bahkan penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh fakultas ini sudah diakui di tingkat dunia. Ada jurusan untuk diploma seperti pengelolaan arsip serta pajak, kemudian program S1 seperti ilmu hukum dan administrasi negara.

5. Program Pascasarjana

Selain untuk program diploma dan sarjana, ada juga jurusan Universitas Terbuka Purwokerto khusus untuk pascasarjana. Keberadaan program pasca sarjana ini khusus untuk memberi akses pada masyarakat yang ingin menempuh pendidikan lanjutan. Awal mula ada program ini yaitu pada tahun 2004 lalu.

Inti program magister sendiri, ada beberapa jurusan yang ditawarkan seperti ilmu administrasi, kelautan minat manajemen, pendidikan, hingga lingkungan. Ada juga program doktor khusus untuk jurusan ilmu manajemen serta administrasi public yang dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh.

Selain jurusan Universitas Terbuka Purwokerto di atas, ada juga beberapa program lain seperti misalnya program sertifikat. Program sertifikat ini misalnya yaitu Program Pelatihan Pembelajaran yang memang dikhususkan bagi tenaga pendidik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *