Jurusan Robotika di Indonesia dan Prospek Kerjanya

.Jurusan Robotika di Indonesia

Sekarang ini tidak bisa dipungkiri kalau industri digital sudah masuk ke semua sektor. Karena itu tidak heran jika kehadiran robot sangatlah dibutuhkan. Untuk mengakomodir hal tersebut banyak universitas yang menyediakan jurusan tentang robot di Indonesia. Jurusan tersebut disebut sebagai jurusan robotika, dan sudah ada banyak jurusan robotika di Indonesia.

Jurusan Robotika di Indonesia

Tentunya ini merupakan kabar baik bagi pecinta robot ataupun bagi yang ingin mendalami tentang dunia robot ini. Apalagi jurusan robotika di Indonesia ini sudah sangat banyak dan semuanya sudah disupport oleh fasilitas yang mumpuni. Selain itu kurikulum yang disusun juga sudah berdasarkan standar internasional. Jadi sangat sayang apabila dilewatkan begitu saja.

1. Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS)

Jurusan robot di universitas ini sudah bukan hal yang baru lagi karena sudah ada dari tahun 90-an. Bahkan di tahun 1991, universitas ini berhasil menyabet juara di kejuaraan robot Jepang. Selain itu universitas ini sudah berkali-kali mencatatkan rekor karena berhasil menang 11 kali berturut-turut. Jadi nama universitas itu sudah tercatat di MURI.

2. Politeknik Bandung

Tidak hanya Surabaya saja yang memiliki politeknik dengan jurusan robotika di dalamnya, tapi Bandung juga punya. Prestasinya tentu tidak kalah dengan politeknik yang sebelumnya. Jurusan ini juga sudah ada lebih dari 15 tahun tepatnya di 2004. Awalnya jurusan ini masih berupa UKM, namun kemudian dikembangkan dan diangkat menjadi salah satu jurusan.

3. Institut Teknologi Surabaya

Selain PENS ada universitas lainnya yang menyediakan jurusan ini di Indonesia yakni ITS. Jurusan ini juga bukan jurusan baru karena sudah ada selama lebih dari 10 tahun, tepatnya di tahun 2009. Di kompetisi robot Indonesia pada tahun 2014 sendiri ITS berhasil menjadi juara. Fasilitas yang disediakan ITS untuk jurusan ini juga tidak main-main.

4. Institut Teknologi Bandung

Rasanya tidak aneh jika kemudian salah satu universitas top di Indonesia ini masuk dalam daftar universitas yang menyediakan jurusan robotika. Jurusan ini juga sudah ada lebih dari 10 tahun di Indonesia tepatnya di 2008 bulan Mei. Nama jurusan ini adalah Uro atau Unit Robotika. Tentunya fasilitas yang disediakan di sini tidak main-main.

5. Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir adalah universitas yang tidak kalah terkenalnya dari beberapa universitas sebelumnya. Bisa dikatakan bahwa ini merupakan bontot. Karena baru ada sejak tahun 2011 tepatnya bulan Desember. Prestasi yang ditorehkan juga sangat baik sebab sudah berhasil menjuarai banyak kompetisi. Tidak hanya itu saja robotika di sini sudah didukung oleh fasilitas yang mumpuni.

Prospek Kerja Robotika di Indonesia

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya kalau dunia digital sekarang ini memang sedang berkembang. Jadi kalau untuk prospek kerja robotika di Indonesia tentunya sangat besar. Karena memang kebutuhan akan robot sekarang sedang meningkat. Alat-alat digital dan teknologi yang ada di Indonesia sekarang ini sudah dibuat semakin canggih.

  • Programmer peralatan yang memiliki tugas untuk mengolah program bagian peralatan.
  • Menjadi ilmuwan data (data scientist) di perusahaan yang bergerak dibidang teknologi.
  • Manajer operasional peralatan teknologi di beberapa perusahaan.
  • Perusahaan otomotif tepatnya di bagian rakitan untuk mesin
  • Teknisi robot, dan pengolah software

Ternyata jurusan robotika di Indonesia sudah sangat banyak dan prospek kerja yang dimiliki juga sangat cerah. Karena itu tidak heran jika kemudian banyak yang ingin menjadi bagiannya, dan membuatnya menjadi populer. Tentunya untuk bisa menjadi bagiannya harus memiliki keahlian khusus, jadi jangan lupa untuk mempersiapkan semuanya dengan matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *