7 Universitas yang Ada Jurusan PG PAUD di Indonesia

universitas yang ada jurusan pg paud

Jurusan ilmu pendidikan guru di tingkat universitas kini semakin banyak diminati. Kategorinya pun bermacam-macam dan salah satunya adalah pendidikan guru untuk anak usia dini atau PG PAUD. Berikut adalah 7 nama universitas yang ada jurusan PG PAUD dan dapat dijadikan alternatif bagi para pelajar dengan cita-cita menjadi guru PAUD:

1. UNY

Pilihan pertama jatuh di kota pelajar Yogyakarta yang memang kaya akan pilihan jurusan. Universitas Negeri Yogyakarta atau UNY menawarkan program PG PAUD yang sudah mencetak ribuan lulusan berkualitas. Jurusan ini bahkan sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Jurusan ini menjadi bagian dari fakultas ilmu pendidikan dan akan membimbing mahasiswa untuk menyelami lebih jauh bidang pendidikan usia dini.

2. UPI

Berikutnya ada UPI atau Universitas Pendidikan Indonesia. Universitas ini berlokasi di Bandung, Jawa Barat dan menjadi salah satu tujuan bagi pelajar yang ingin fokus belajar di bidang pendidikan. Salah satu pilihan jurusan pendidikan yang tersedia di UPI adalah PG PAUD. Di sini mahasiswa bisa mempelajari psikologi pendidikan serta konsep dasar pendidikan PAUD lebih mendalam.

3. UT Yogyakarta

Kembali lagi ke Yogyakarta, ada Universitas Terbuka atau UT yang menyediakan program jurusan PG PAUD. UT memang dikenal membuka banyak pilihan jurusan di bidang pendidikan. Sudah ada banyak tenaga guru yang dicetak oleh universitas ini. UT pun juga sudah berstatus sebagai perguruan tinggi negeri. Tercatat sudah ada ribuan lulusan UT yang berprofesi sebagai guru PAUD.

4. UNJ

Pilihan universitas yang ada jurusan PG PAUD selanjutnya adalah Universitas Negeri Jakarta. Kampus ini telah mendapatkan akreditasi A untuk jurusan PG PAUD pada tahun 2017 silam. Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar banyak mengenai pengembangan karir di bidang PAUD. Mahasiswa juga akan dibekali berbagai jenis metode pendidikan anak usia dini dari berbagai bidang ilmu seperti sains hingga seni.

5. Unesa

Jurusan PG PAUD juga dapat ditemui di Universitas Negeri Surabaya atau Unesa. Universitas ini juga sudah mendapatkan akreditasi A untuk jurusan PG PAUD yang mereka buka. Di jurusan ini mahasiswa akan mendapatkan bekal memadai untuk bekerja di bidang pendidikan anak usia dini. Mata kuliahnya juga beragam mulai dari penulisan naskah anak usia dini, ortopedagogik, hingga penjaskes anak usia dini.

6. Unsri

Selanjutnya ada universitas di Palembang yaitu Universitas Sriwijaya yang juga menyediakan pilihan jurusan PG PAUD. Universitas ini juga dikenal sebagai salah satu favorit dan jurusan PG PAUD yang tersedia sudah mendapatkan akreditasi A. Di bidang studi satu ini, mahasiswa akan belajar mengenai konsep dasar ilmu pendidikan anak usia dini mulai dari bidang akademis dan non akademis.

7. UNS

Kuliah jurusan PG PAUD juga bisa dijalani di Universitas Sebelas Maret, Surakarta. UNS menyediakan jurusan PG PAUD untuk jenjang S1. Sudah banyak lulusan jurusan ini yang bekerja langsung menjadi guru PAUD. Di jurusan ini mahasiswa akan mendalami metode pendidikan anak usia dini dan lulus sebagai tenaga kompeten. Pemahaman mengenai teknik pendidikan anak yang tepat akan didapat di jurusan ini.

Itulah 7 pilihan universitas yang ada jurusan PG PAUD. Lulusan PG PAUD akan menjadi orang-orang yang berjasa dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Pastikan untuk mencari tahu detail jurusan terlebih dahulu sebelum mengambil pilihan. Cari tahu apa saja mata kuliah yang dipelajari serta seperti apa kualitas yang ditawarkan di universitas terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *