7 Pilihan Jurusan Kuliah untuk Menjadi Teller Bank

jurusan kuliah untuk menjadi teller bank

Bekerja di dunia perbankan menjadi impian bagi banyak pelajar di tanah air. Salah satu posisi yang banyak diincar adalah posisi teller yang punya jenjang karir menjanjikan. Ada banyak pilihan jurusan kuliah untuk menjadi teller bank dan terbuka di banyak universitas dalam negeri. Berikut adalah 7 rekomendasi jurusan bagi pelajar yang ingin bekerja sebagai teller bank:

1. Akuntansi

Jurusan yang satu ini memiliki hubungan erat dengan dunia perbankan. Bekal ilmu akuntansi sangat cocok untuk dijadikan bekal bekerja sebagai teller bank. Pengolahan data dan perhitungan uang biasanya akan dikuasai dengan baik oleh lulusan dari jurusan ini.  Biasanya pihak bank juga membuka banyak lowongan khusus bagi lulusan akuntansi karena memang ilmunya sangat relevan.

2. Statistika

Pilihan jurusan berikutnya yang juga punya peluang mencetak lulusan untuk bekerja sebagai teller bank adalah statistika. Jurusan ini mendalami ilmu matematika dan pengolahan data. Biasanya mahasiswa lulusan dari jurusan ini punya sifat yang telaten dan teliti dalam melakukan perhitungan. Lulusan statistika tak hanya bisa bekerja sebagai teller bank namun juga bisa mendapat peluang jenjang karir lebih tinggi di bank.

3. Manajemen

Pilihan jurusan kuliah untuk menjadi teller bank lainnya adalah manajemen. Jurusan yang satu ini juga menghasilkan lulusan yang kriteria kemampuannya sesuai dengan kebutuhan bank. Bidang ilmu manajemen ini sendiri memiliki beberapa jenis konsentrasi bidang dan salah satunya adalah manajemen keuangan. Konsentrasi bidang ini bisa diambil jika memang ingin membidik profesi di bank.

4. Komunikasi

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang teller bank adalah cara komunikasi yang baik dengan konsumen. Lulusan jurusan komunikasi juga biasanya akan punya peluang besar untuk diterima bekerja sebagai teller di bank. Meskipun ilmu kuliahnya tak berhubungan langsung dengan dunia keuangan namun ilmu di jurusan ini cocok diaplikasikan dalam bidang pelayanan konsumen.

5. Ekonomi Syariah

Jurusan satu ini juga punya banyak lulusan yang bisa bekerja di bank. Khususnya untuk jenis perbankan yang menerapkan prinsip syariah. Selain bekerja sebagai teller, lulusan dari jurusan ini juga punya peluang besar untuk mendapat posisi penting di bank. Dimulai dari menjadi teller, lulusan ekonomi syariah bisa berkembang menekuni posisi pekerjaan yang lebih tinggi di bank.

6. Ekonomi

Tak hanya jurusan ekonomi syariah, bidang jurusan ekonomi umum juga punya peluang yang sama besarnya. Lulusan jurusan ekonomi juga memiliki bekal ilmu memadai untuk bekerja sebagai teller bank. Ilmu ekonomi memiliki hubungan yang erat dengan dunia perbankan. Lulusan dari jurusan ini biasanya akan sangat dibutuhkan oleh bank tak hanya untuk posisi teller tapi juga posisi lainnya.

7. Keuangan dan Perbankan

Jurusan yang satu ini sudah jelas memiliki peluang besar untuk bekerja di bank. Program ilmunya sangat menyasar dengan kemampuan dasar yang dibutuhkan oleh dunia perbankan. Lulusan dari jurusan ini biasanya akan dengan mudah untuk diterima sebagai teller. Selain itu, jenjang karir yang bisa didapat juga terbuka luas dan berpeluang dapat posisi tinggi di bank.

Itulah 7 pilihan jurusan kuliah untuk menjadi teller bank yang bisa dimasuki oleh para pelajar. Pada dasarnya profesi di bank terbuka untuk banyak jenis jurusan. Profesi teller bank itu sendiri juga sangat menjanjikan karena jenjang karirnya begitu cerah. Mulai dari teller bank kemudian bisa terus meningkat dan punya posisi penting di bidang perbankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *