Jenis Beasiswa Universitas Swasta Jalur Rapor Untuk Lulusan SMA/SMK

beasiswa universitas swasta jalur rapor

Apabila seseorang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tentu harus menyiapkan biaya yang cukup besar. Apalagi jika seseorang ingin melanjutkan di universitas swasta tentu biaya yang dibutuhkan jauh lebih besar. Namun untuk mengurangi biaya, nantinya disediakan beasiswa universitas swasta jalur rapor untuk calon mahasiswa.

Ringkasan Tentang Beasiswa

Beasiswa merupakan sebuah bantuan atau tunjangan dalam hal keuangan kepada setiap orang. Adapun tujuan dari pemberian beasiswa yakni dapat membantu keberlangsungan pendidikan dalam berbagai jenjang. Selain itu, beasiswa tersebut nantinya diberikan oleh berbagai lembaga seperti pemerintah, yayasan, maupun dari perusahaan.

Lantas apa manfaat dari beasiswa ini? Memang manfaat beasiswa dapat dirasakan untuk penerima dan juga untuk pemberi. Dimana manfaat bagi penerima antara lain dapat meringankan beban biaya sekolah maupun kuliah penerima. Bukan hanya itu, dengan mendapatkan beasiswa nantinya dapat menjadi kebanggaan untuk dimasukkan dalam sebuah portofolio.

Namun lain halnya terkait manfaat yang dirasakan oleh pemberi beasiswa antaranya dapat meningkatkan SDM untuk memiliki kesempatan belajar. Adanya beasiswa yang diberikan juga dapat menjaring talenta penerima untuk bekerja di perusahaan pemberi beasiswa. Bukan hanya itu, dapat pula dijadikan sebagai metode promosi perusahaan yang efektif.

Jenis Beasiswa Universitas Swasta Jalur Mandiri

Daftar perguruan tinggi swasta memang sangat banyak dan tentunya menawarkan beberapa jenis beasiswa menggunakan jalur mandiri. Dengan tujuan agar mahasiswa dapat menimba ilmu di universitas tersebut tanpa terbebani biaya kuliah yang harus dibayar. Berikut merupakan jenis beasiswa universitas swasta jalur rapor yang dapat didaftar oleh mahasiswa:

1. Beasiswa Prestasi Unggulan

Beasiswa Prestasi Unggulan merupakan beasiswa yang ditawarkan oleh Universitas Ciputra yang akan diberikan kepada calon mahasiswa. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi antara lain memiliki nilai rapor pada saat kelas XI semester genap dengan nilai standar 76. Adanya beasiswa yang diberikan ini diharapkan dapat membantu mengurangi beban biaya pendidikan mahasiswa.

2. Beasiswa Jenis Korporat

Beasiswa jenis Korporat juga dibuka dengan jalur rapor dengan melihat nilai siswa. Dimana beasiswa ini hanya dibuka di Universitas Al Azhar Indonesia yang ada di ibu kota Jakarta. Adapun persyaratan rata-rata nilai rapor yang dimiliki calon penerima beasiswa harus 8.00  di beberapa mata pelajaran. Persyaratan berlaku untuk siswa yang mengambil IPA & IPS di SMA.

3. Beasiswa Oleh Universitas Telkom

Universitas status swasta yang menawarkan beasiswa dengan jalur nilai rapor adalah Universitas Telkom. Nilai rapor yang harus diperoleh di semester 1 hingga 5 minimal nilai 70. Memang nilai yang dibutuhkan untuk mendapatkan beasiswa ini tidak terlalu tinggi. Selain itu, ada juga tes tertulis untuk dijadikan sebagai pertimbangan.

4. Beasiswa KUM

UMY juga merupakan sebagai universitas swasta yang banyak diminati oleh calon mahasiswa. Adapun beasiswa yang ditawarkan yakni beasiswa KUM atau Kader Unggulan Muhammadiyah dengan jalur rapor. Seseorang yang nantinya ditetapkan sebagai penerima akan diberikan biaya pendidikan selama 4 tahun.

5. Beasiswa Sekolah Kerjasama

Beasiswa Sekolah Kerjasama ini diberikan oleh Universitas Ciputra melalui jalur nilai rapor yang dimiliki calon penerima. Persyaratan nilai yang harus dimiliki di kelas XI semester 2 dengan minimal 72. Selain calon penerima tersebut juga harus lolos seleksi untuk masuk universitas tersebut dengan melihat hasil tes tulis dan wawancara.

Itulah beberapa penjelasan singkat terkait informasi terkait beasiswa. Selain itu, ada juga pembahasan tentang jenis beasiswa universitas swasta jalur rapor dengan ketentuan nilai yang berbeda. Memang standar nilai rapor yang ditentukan sebagai persyaratan untuk menerima beasiswa tersebut berbeda-beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *