Universitas yang Sudah Buka Pendaftaran Negeri dan Swasta

universitas yang sudah buka pendaftaran

Pengumuman SBMPTN kemarin tentunya menghadirkan banyak emosi salah satunya luka. Namun daripada terus berlarut dalam kesedihan itu lebih baik mencari universitas yang sudah buka pendaftaran lewat jalur lain. Baik itu universitas negeri maupun swasta. Jadi tidak hanya mengandalkan SBMPTN saja.

Jalur Mandiri Universitas Negeri

Bagi yang masih ingin mencoba universitas negeri, maka jangan bersedih hati. Sebab beberapa universitas negeri masih ada universitas yang sudah buka pendaftaran setelah SBMPTN. Mungkin nama tes nya lebih dikenal dengan mandiri. Jadi daripada terus bersedih, lebih baik cari tahu informasi tes itu.

1. Unsoed

Pertama ada jalur mandiri dari Univ Jenderal Soedirman. Bahkan universitas ini memiliki dua jalur untuk yang mandiri. Ada mandiri non tes yang dilakukan melalui rapor, dan prestasi. Jadi cocok untuk yang berprestasi. Lalu ada mandiri UTBK yang tentunya menggunakan nilai UTBK sebagai salah satu syarat seleksinya.

2. Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya adalah UNS yang masih membuka jalur mandirinya. Perlu diketahui bahwa universitas ini memiliki beberapa sub jalur untuk mandirinya. Karena itu pastikan untuk mengetahui semua jadwalnya dengan lengkap. Paling lambat waktu pendaftaran di universitas ini adalah awal sampai pertengahan bulan Juli. Itupun biasanya berbeda tingkatan ada yang untuk strata, dan ada yang untuk diploma.

3. ITB

Salah satu universitas top di Indonesia ternyata masih membuka jalur pendaftaran yang dimilikinya. Bahkan pendaftaran ini bisa dilakukan langsung melalui jalur online. Meskipun tidak semua jurusan bisa dimasuki lewat jalur ini. Namun apa salahnya mencoba. Perlu diketahui kalau waktu pendaftaran dan tes yang dilakukan berbeda-beda tergantung dengan jurusan.

4. Unair

Airlangga menjadi universitas negeri selanjutnya yang masih membuka pendaftaran, tentunya untuk jalur mandiri. Bedanya universitas ini hanya memiliki satu jalur saja untuk pendaftaran jalur ini. Jadi kalau sudah tertutup, maka sudah tidak bisa diakses kembali. Karena itu pastikan untuk mengetahui jadwalnya, dan mengikuti semua prosedurnya sesuai dengan peraturan yang ada.

Universitas Swasta yang Sudah Buka Pendaftaran

Selain negeri tentunya masih ada pilihan universitas lainnya yang juga sudah membuka pendaftaran dan masih memiliki waktu pendaftaran yang lumayan lama. Di bawah ini akan disebutkan universitas tersebut, yang merupakan universitas swasta. Jadi bagi yang ingin mencoba beberapa universitas ini bisa langsung mengetahui informasinya.

1. STPB

Pertama adalah kampus yang terletak di Bogor dan merupakan sekolah pariwisata terbesar. Fasilitas yang dimiliki oleh kampus ini sangat lumayan. Tidak hanya itu saja STPB (Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor) juga membuat lulusannya mudah untuk diterima kerja. Karena itu tidak ada salahnya untuk mencoba universitas ini, apalagi pendaftarannya buka sampai bulan September.

2. Telkom University

Siapa yang tidak kenal dengan yang satu ini, nama kerennya yakni Tel-U memang menjadi favorit banyak Camaba. Apalagi fasilitas yang ditawarkan oleh universitas ini juga tidak main-main. Tidak hanya itu saja, universitas ini juga sudah bekerja sama dengan dunia internasional. Jadi tentu saja lulusan dari universitas ini akan mudah mendapatkan relasi.

3. Trisakti

Sebagai salah satu universitas swasta tersohor di Jakarta, Trisakti sudah membuka pendaftarannya dan masih membuka pendaftarannya sampai sekarang. Jadi camaba memiliki banyak kesempatan dan keleluasaan waktu. Karena itu tidak ada salahnya untuk mencoba universitas ini, apalagi dengan akreditasi yang dimilikinya.

Karena itu bagi yang masih galau atau bingung tidak ada salahnya mencoba rekomendasi universitas yang sudah buka pendaftaran dan masih buka sampai sekarang. Jadi tidak perlu meratapi hasil kemarin, dan persiapkan yang memang masih bisa ditempuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *